Mengingat Pelajarannya Pak Salman Saat di SMPN 2 Grabag Purworejo

Ketimbang ngalamun malam2 di kota yang kecil gini (kabupaten kotabaru) mending ngetik dengan sebelas jari tanpa ditemani kopi sambil mengingat pelajaran Pak Salman di SMPN 2 Grabag, Purworejo mengenai puasa ramadhan ( inggris = poso romadhon ) sambil sesekali ngelihat bapak-bapak yg lagi main catur.



Ramadhan berarti terik-sangat panas. Nama lain bulan ramadhan misalnya Syahrul Quran (karena Quran turun untuk pertama kalinya), Syahru Rahma (adanya rahmat yang melimpah), dll. 
Orang yang wajib poso romadhon : islam, sehat, tidak sedang bepergian, suci dari haids. Rukun puasa terdiri dari niat dan menahan dari penyebab batalnya puasa.
Yang membatalkan puasa: makan dan minum,bersetubuh, niat membatalkan puasa, hilang akal/ tidak sadar,haids, muntah yang sengaja, berbuat keji, murtad, dan keluarnya sperma yang disengaja. Amalan sunat puasa ramadhan : berbuka dengan segera, sahur di waktu akhir, sedekah, mengaji,beri'tikaf, memberi buka di masjid bagi orang yang sedang berpuasa.
Hal yang dilarang : mengumpat, memfitnah, mencela, dan membicarakan kejelekan orang (bagi yang suka nonton gosip mending tekan tombol merah saja yang di pojok yang bertulisan power dech..).
Yang tidak wajib puasa: sakit,musafir, hamil/menyusui,tua renta.
Yo wis gitu aja lah...teng kiu.

0 komentar:

Posting Komentar

Kulo meniko lare dusun,saking njawi. Sak meniko .... Sak Lajengipun >>